Powered By Blogger

Minggu, 05 Juni 2011

final teori

1. Sejarah Perkembangan computer
Kata Komputer berasal dari bahasa latin yaitu Computare (to compute atau to reckon) yang mempunyai arti menghitung. Komputer bias diartikan sebagai alat Elektronik yang digunakan untuk mengolah berbagai keperluan mulai dari menyimpan data, memproses data, hingga memberikan informasi untuk kita.

Sekitar 3000 ratus tahun yang lalu sebelum Komputer tercipta, di Asia muncul sebuah Alat Hitung Tradisional bernama Abacus atau sampoa yang dibuat dari biji-bijian yang dapat digeser-geser.
- Pada tahun 1642 Blaise Pascal menemukan Pascaline atau Kalkulator Roda Numerik.
- Pada tahun 1821 Charles Babbage seorang professor matematika Inggris menemukan mesin penghitung yang diberi nama Difference Engine. Mesin ini yang menjadi cikal bakal KOMPUTER dan merupakan kalkulator otomatis yang pertama kali muncul.
- Pada tahun 1937 manusia telah berhasil menciptakan computer elektronik yang diberi nama ABC.
- Pada tahun 1946 Dr. Jhon Mouchly dan J. Presper Eckert berhasil merakit computer electronic digital dengan berat mencapai 30 ton dengan ukuran 30X50 kaki, dan terdiri 1800 tabung vakum. Ini dikenal dengan computer generasi pertama.
- Pada tahun 1971 sejalan dengan ditemukan chip ukuran computer semakin kecil sampai sekarang muncul PC (Portable Computer)
- PC pertama kali dibuat oleh perusahaan computer IBM Amerika sekitar pada tahun 1981. Dan perkembangannya cukup pesat hingga sekarang telah banyak beredar perusahaan yang mengeluarkan produk computer dengan bentuk yang lebih kecil dan harga yang murah.

2. Sistem Operasi dalam bahasa Inggris Operating System atau OS adalah perangkat lunak system yang bertugas untuk melakukan control dan management perangkat keras serta operasi-operasi dasar system, termasuk menjalankan Software Aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser Web.
Secara umum sistem operasi adalah Software pada lapisan pertama yang ditempatkan pada memory computer pada saat computer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah system operasi berjalan, dan system operasi akan melakukan layanan inti umumuntuk software-software itu.
Jenis-jenis OS (Operating System) anatara lain adalah:
- Windows 7
- Windows Vista
- Windows XP
- LINUX
- UNIX
- MAC-OS (MACHINTOS)
- SYMBIAN
- MS-DOS

3. 1. Local Area Network (LAN)
Local Area Network (LAN), merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer. LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam kantor suatu perusahaan atau pabrik-pabrik untuk memakai bersama sumberdaya (misalnya printer) dan saling bertukar informasi.

2. Metropolitan Area Network (MAN)
Metropolitan Area Network (MAN), pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekatan atau juga sebuah kota dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum. MAN mampu menunjang data dan suara, bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel.

3. Wide Area Network (WAN)
Wide Area Network (WAN), jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas, seringkali mencakup sebuah negara bahkan benua. WAN terdiri dari kumpulan mesin-mesin yang bertujuan untuk menjalankan program-program (aplikasi) pemakai.

4. Internet
Sebenarnya terdapat banyak jaringan didunia ini, seringkali menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak yang berbeda-beda. Orang yang terhubung ke jaringan sering berharap untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain yang terhubung ke jaringan lainnya. Keinginan seperti ini memerlukan hubungan antar jaringan yang seringkali tidak kampatibel dan berbeda. Biasanya untuk melakukan hal ini diperlukan sebuah mesin yang disebut gateway guna melakukan hubungan dan melaksanakan terjemahan yang diperlukan, baik perangkat keras maupun perangkat lunaknya. Kumpulan jaringan yang terinterkoneksi inilah yang disebut dengan internet.


5. Jaringan Tanpa Kabel (WiFi)
Jaringan tanpa kabel merupakan suatu solusi terhadap komunikasi yang tidak bisa dilakukan dengan jaringan yang menggunakan kabel. Misalnya orang yang ingin mendapat informasi atau melakukan komunikasi walaupun sedang berada diatas mobil atau pesawat terbang, maka mutlak jaringan tanpa kabel diperlukan karena koneksi kabel tidaklah mungkin dibuat di dalam mobil atau pesawat. Saat ini jaringan tanpa kabel sudah marak digunakan dengan memanfaatkan jasa satelit dan mampu memberikan kecepatan akses yang lebih cepat dibandingkan dengan jaringan yang menggunakan kabel.

4. Aplikasi Komputer pada Pertanian
SINGOSARI merupakan singkatan dari Sistem Informasi peNGOlahan dan pemaSaran hAsil peRtanIan. Jadi ini merupakan perangkat aplikasi komputer berbasis Web dengan memanfaatkan teknologi Jaringan Internet sebagai media Akses, yang dikembangkan untuk mengelola Data data lingkup Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian menjadi suatu Informasi Pengolahan hasil dan Pemasaran Hasil Pertanian yang akurat, obyektif, tepat waktu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar